Baca Buku Gratis di Perpustakaan Rumah Susun Palembang

Puluhan anak kecil didampingi orangtuanya berjubel di dalam Sekretariat Yayasan Puspa Indonesia di kompleks rumah susun Jalan Radial Blok 32, Palembang, Selasa (21/9). Ruangan seluas 10 meter persegi itu penuh. Beruntung sedang hujan sehingga tidak terasa gerah.

Mereka adalah warga kompleks rumah susun yang diundang untuk menghadiri acara penyerahan buku perpustakaan dari produsen produk kecantikan Martha Tilaar Group dan Kick Andy Foundation. Jumlah buku yang diserahkan sebanyak 400 eksemplar, terdiri atas buku untuk anak, remaja, dan dewasa.

Buku itu akan disimpan di Sekretariat Yayasan Puspa Indonesia. Yayasan itu selama ini bergerak di bidang perempuan dan anak di Palembang, tetapi belum memiliki perpustakaan.

”Buku-buku ini boleh dipinjam secara gratis, tetapi harus dikembalikan. Ke depan, kami akan membuat perpustakaan umum yang lebih besar di Sekretariat Yayasan Puspa Indonesia,” kata Direktur Yayasan Puspa Indonesia Rina Bakrie.

Menurut perwakilan Martha Tilaar Group di Palembang, Grace Ultia Tresnosari, bantuan buku itu dalam rangka ulang tahun Martha Tilaar Group yang ke-40. Target kegiatan itu untuk mengumpulkan 40.000 buku guna disumbangkan ke perpustakaan. Martha Tilaar Group bekerja sama dengan Kick Andy Foundation bertugas memilih penerima bantuan buku.

”Program pengumpulan buku sudah berlangsung tiga bulan. Buku dikumpulkan melalui gerai-gerai Martha Tilaar maupun berasal dari sumbangan karyawan Martha Tilaar Group,” kata Grace.

Grace menambahkan, buku yang disumbangkan sudah diseleksi sebelumnya. Buku-buku itu harus berisi pengetahuan atau cerita yang bermanfaat bagi pembacanya.

Relawan Kick Andy Foundation, Baharman, mengungkapkan, bantuan yang diberikan adalah berupa buku karena dapat mencerdaskan.

Tak usah beli buku

Anak-anak yang tinggal di kompleks rumah susun dan di sekitarnya gembira dengan hadirnya perpustakaan di sekitar rumah mereka. Apalagi bagi anak-anak dari keluarga miskin yang tidak mampu beli buku.

Iqbal, siswa kelas III SD 162 Palembang, mengutarakan, dirinya hobi membaca dan sudah membaca semua buku di perpustakaan sekolahnya. Ia senang karena dapat membaca lagi buku-buku baru di perpustakaan Yayasan Puspa Indonesia yang letaknya tak jauh dari rumahnya di rumah susun Blok 53.

”Saya paling suka baca buku agama karena di dalamnya ada cerita tentang neraka,” katanya.

Sekarang Iqbal tak sulit mendapatkan bacaan. Selama ini, untuk membeli buku baru, dia harus menabung Rp 2.000 sehari selama seminggu.

Agung, siswa kelas III SD 161 Palembang, mengatakan, dirinya akan sering mengunjungi perpustakaan Yayasan Puspa Indonesia untuk membaca dan bermain. ”Perpustakaan ini membuat saya akan lebih rajin datang untuk membaca buku,” ujarnya. Kehadiran perpustakaan di kompleks rumah susun juga dapat menghilangkan kesan negatif yang melekat di kawasan tersebut, yaitu sebagai daerah kumuh.

About these ads

One response to “Baca Buku Gratis di Perpustakaan Rumah Susun Palembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s