Buku Baru: Biografi Mochtar Lubis

• Judul: Journalism and Politics in Indonesia: A Critical Biography of Mochtar Lubis (1922-2004) as Editor and Author
• Penulis: David T Hill
• Penerbit: Routledge, 2010
• Tebal: xvii+266 halaman
• ISBN: 978-0-415-56281-2

 

Buku ini merekam perjalanan hidup Mochtar Lubis yang menjadi cermin sejarah Indonesia pascakemerdekaan. Mochtar dikenal kritis dan lantang menentang penyalahgunaan kekuasaan pada era Soekarno dan Soeharto. Di bawah kedua pemerintahan itu, jurnalisme perlawanan Mochtar menelan korban penutupan korannya serta hukuman penjara baginya. Keteguhan dan integritasnya membawa editor harian Indonesia Raya ini menjadi simbol kebebasan pers.

Penulis memulai proyek ini pada 1979 sebagai mahasiswa doktoral dan baru merampungkannya tahun lalu. Menurut dia, komitmen dan prinsip Mochtar yang tidak kenal kompromi memberikan inspirasi bagi jurnalis muda. Lingkungan keluarga dan pendidikannya membuat Mochtar tak pernah gentar memperjuangkan kemerdekaan. Kini, ia lebih banyak dikenang berkaitan dengan hal-hal yang ditentang daripada yang didukungnya.

Ia pun dikenal sebagai penulis fiksi. Novel yang ditulisnya selama menjalani hukuman, Senja di Jakarta, menjadi novel berbahasa Indonesia pertama yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Aktivis politik yang kerap mewakili Indonesia di berbagai forum internasional ini dianugerahi Bintang Mahaputera Utama atas jasa kewartawanannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2004.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s