Kumpulan Puisi Anak Pendidikan

Nilai UTS-ku

Nilai UTS-ku merah menyala

Kata adikku seperti lagu balonku ada lima

Ayah dan Ibu marah

Ini karena kebanyakan main PS saja

Ini karena kebanyakan nonton teve saja

Akhirnya

Aku tak boleh nonton teve acara bola

Aku tak boleh main PS untuk sementara

Aku sadar aku kurang baca

Kata Ayah, banyaklah membaca

Karena membaca itu jendela dunia

Kata Ibu, kamu harus jadi orang berguna

Kata Bu Guru aku pasti bisa

Semoga yang kulakukan tidak sia-sia

Alkautsar Rizki Arifinsa Kelas V SD Simomulyo, Surabaya

***

Cita-citaku

Merajut mimpi

Saat melihat orang terluka

Merintih kesakitan wajah memelas

Bayangan itu selalu hadir

Kutekadkan diri menjadi dokter

Sekarang belajar giat mencari ilmu

Juga menabung sebab pendidikan mahal

Mohon doa dan dukungan sahabatku

Masih jauh untuk diwujudkan nyata

Nabilla Nurjannah Kelas VI SDN Cijawura, Bandung

***

Buku PKn Ajaib

Suatu siang yang terang, aku bersama teman-teman bermain di halaman rumah. Tiba-tiba terdengar suara helikopter berputar-putar tepat di atas kepala kami. Heli itu mengangkut pasukan tentara perang yang mengepung dan menghancurkan perumahan kami.

Aku dan teman-teman berlarian bersembunyi. Akan tetapi, mereka bisa mendeteksi tempat persembunyian kami. Mereka bisa menemukan aku yang bersembunyi di belakang pohon besar milik Pak Haji tetanggaku.

Aku terkulai lemas tak berdaya. Tiba-tiba aku teringat sesuatu yang ada di tas gendongku. Akhirnya aku menyerahkan buku PKn kepada pasukan yang menangkapku. Aku berharap mereka membaca buku PKn itu sehingga mereka tak jadi menghancurkan kami.

Waktu pelajaran PKn, Bu Guru mengajarkan kami untuk saling menyayangi sesama manusia dan tidak boleh memerangi orang yang tidak bersalah. Setelah membaca buku PKn, gerombolan tentara itu membebaskanku. Wah, memang ajaib buku PKn itu, ya.

Tiba-tiba aku mendengar bibi memanggil-manggil namaku. Aku pun sadar, ternyata yang baru aku alami hanyalah sebuah mimpi. Aku melihat buku PKn ada di sampingku. Aku ingat semalam, sebelum tidur aku membaca buku PKn itu!

Humaira Puspita Putri Utami Kelas III SD Al-Ihsan, Jakarta

Leave a Reply

