Siswa Lab School Diliburkan Karena Sekolah Terbakar

Ledakan sepeda motor yang akan digunakan untuk uji coba produk pencegahan ledakan dalam acara presentasi peluang bisnis di gedung Teater Besar Universitas Negeri Jakarta atau UNJ, Rabu (30/7) siang, diduga sebagai penyebab kebakaran bangunan SD Negeri Percontohan serta SMP dan SMA Labschool yang berada di kawasan itu. Siswa diliburkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.30 itu. Namun, gedung teater besar serta 13 ruangan kelas SD Negeri Percontohan (dulu SD Labschool) dipastikan terbakar. Sementara ruang kelas SMP dan SMA yang terbakar belum dapat dipastikan jumlahnya. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 14.00.

”Penyebab munculnya api sudah bisa dipastikan dari uji coba produk explo protect sepeda motor. Namun, kami masih menyelidiki kasus kebakaran ini,” kata Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Hasanuddin yang dihubungi, Rabu malam.

PT K-Link Indonesia, penyelenggara acara itu, menyatakan bertanggung jawab atas kebakaran tersebut. ”Secepatnya pihak perusahaan akan datang ke sini dan bertanggung jawab,” kata Deden Sudrajat, pegawai PT K-Link Indonesia, di lokasi kejadian.

Menurut Deden, sepeda motor yang meledak itu rencananya akan digunakan sebagai alat peraga pada acara presentasi peluang bisnis dari perusahaan tempat dia bekerja. Acara tersebut terbuka untuk umum.

”Produk ini (explo protect) sebenarnya berguna untuk mencegah terjadinya ledakan tangki bahan bakar,” kata Deden.

Produk tersebut sudah dimasukkan ke dalam tangki sepeda motor untuk diperagakan kepada peserta. Namun, sebelum acara peragaan dimulai, sepeda motor tersebut sudah meledak.

Ia menduga ada dua penyebab ledakan, yaitu bahan bakar dari tangki motor bocor atau volume produk explo protect yang dimasukkan ke dalam tangki sepeda motor untuk diuji coba kurang banyak.

Mantan kepala sekolah yang masih berstatus pendidik di Labschool, Arief Rachman, mengatakan, pihak pengelola gedung UNJ (mengelola SMP dan SMA) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pengelola SD Negeri Percontohan belum bisa menaksir kerugian akibat kebakaran.

Hingga pukul 16.00 masih ada 10 armada pemadam kebakaran di lokasi untuk memadamkan sisa bara. Sementara itu, hingga menjelang magrib masih banyak orangtua murid yang berdatangan ke lokasi.

Akibat kebakaran tersebut, untuk sementara waktu aktivitas belajar mengajar di sekolah itu dihentikan. Seluruh siswa SD, SMP, dan SMA diliburkan selama dua hari, Kamis dan Jumat (1/8). Aktivitas belajar mengajar akan dimulai kembali pada Senin (4/8) di lokasi yang berbeda-beda.

Sejauh ini, data yang dihimpun menunjukkan, jumlah siswa SD Negeri Percontohan mencapai 878 orang yang dibina oleh 89 guru. Data siswa dan guru SMP dan SMA belum diperoleh.

Dipindahkan sementara

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sukesti Martono seusai rapat bersama pimpinan, guru, dan komite SDN Percontohan UNJ mengatakan, kegiatan murid SD akan dipindahkan. Rencananya, mereka dipindahkan ke SD Negeri 13, 14, 15, dan SMP Negeri 74 Rawamangun (dalam satu kawasan) dengan jarak 100- 200 meter dari gedung terbakar.

”Mereka akan belajar di tempat baru sampai batas yang tidak ditentukan. Pokoknya, sampai bangunan sekolah yang terbakar dibangun kembali,” kata Sukesti.

Sementara itu, menurut Arief Rachman, aktivitas belajar untuk SMP dan SMA akan dipindahkan sementara di Gedung UNJ. ”Selama dua bulan ini tidak ada kegiatan mahasiswa di kampus. Akiivitas belajar siswa SMP dan SMA akan dipindahkan ke Kampus UNJ. Kami akan kebut pembangunan gedung dalam waktu dua bulan ini,” kata Arief.

Saksi mata, Haryanto (33), mengatakan, saat kejadian ia bersama dua temannya, Sahroni (40) dan Asep Jaja (50), berada di lantai II Gedung Teater untuk menjaga sistem tata suara.

”Api itu terlihat dari ledakan sepeda motor. Itu terjadi sekitar pukul 11.30,” kata Haryanto.

Arief sendiri mengaku, saat itu dirinya berada tak jauh dari UNJ. Arief hanya mendengar ledakan, tetapi sesampai di lokasi api sudah membesar dan menjalar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s