SMP Terbuka Kecakapan Siswa Perlu Diprioritaskan

Tingginya persentase murid Sekolah Menengah Pertama Terbuka yang tidak melanjutkan sekolah akan menjadi masalah lebih besar jika pendidikan kecakapan hidup yang diberikan tidak memadai. Anak tidak dapat berkontribusi dalam membangun daerahnya.

Seperti diberitakan, sekitar 93,8 persen siswa SMP Terbuka tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Faktor ekonomi menjadi penyebab utamanya.

Pakar teknologi pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Prof Yusufhadi Miarso, yang ikut merintis program tersebut, Selasa (5/8), mengatakan, dengan kondisi khusus lingkungan dan keluarganya, siswa SMP Terbuka sulit diharapkan melanjutkan sekolah. Karena itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menyiapkan anak sebaik mungkin dengan memberikan kecakapan hidup untuk terjun ke masyarakat. Sesuai dengan Konvensi International Labour Organization (ILO), penduduk usia kerja adalah penduduk berusia 15 tahun ke atas.

Rintisan SMP Terbuka dimulai 30 tahun lalu, yakni pada tahun 1978 dengan konsep pembelajaran kurikulum inti yang dikembangkan sesuai dengan lingkungan anak. ”Pembelajaran seharusnya tematik. Di daerah nelayan, misalnya, mata pelajaran Matematika, bahasa dan Keterampilan diberikan sesuai konteks anak,” ujarnya.

Hanya saja, Yusufhadi melihat, kemandirian SMP Terbuka meluntur. Sebagian SMP Terbuka malah mengikuti kurikulum sekolah induk.

Para pembina SMP Terbuka sendiri ingin anak didiknya melanjutkan pendidikan. Wakil Kepala SMP Terbuka Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Asoka mengungkapkan, lokasi SMA atau SMK biasanya jauh dan butuh biaya transportasi sehingga siswa tidak melanjutkan sekolah. Hal senada diungkapkan H A Sukardi, pelaksana harian SMP Terbuka Praya Barat 2, Nusa Tenggara Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s