Siswa Berprestasi Akan Dipermudah ke Perguruan Tinggi Negeri

Peluang kuliah ke perguruan tinggi negeri terbaik di Tanah Air bagi siswa berprestasi diupayakan bisa dipermudah dan tanpa hambatan. Departemen Pendidikan Nasional sedang berupaya untuk bisa mendapat titik temu antara kriteria yang ditetapkan perguruan tinggi dengan keinginan siswa berprestasi tersebut.

”Penghargaan untuk siswa berprestasi di tingkat nasional, semisal olimpiade sains nasional, juga perlu didukung perguruan tinggi terbaik di dalam negeri,” kata Bambang Indriyanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Mene- ngah Depdiknas, di sela-sela persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) VII di Makassar, Jumat (8/8).

Menurut Bambang, memang ada siswa berprestasi bidang sains tingkat nasional dan internasional yang tidak puas dengan tawaran kuliah di perguruan tinggi dalam negeri. Ini disebabkan, kemudahan hanya diberikan ketika siswa itu memilih bidang studi sesuai bidang yang dimenanginya.

”Kondisi ini perlu diperbaiki segera,” ujarnya.

1.278 peserta

Pelaksanaan OSN VII ini berlangsung 9-14 Agustus yang diikuti 1.278 peserta jenjang SD, SMP, dan SMA. Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan membuka kompetisi bergengsi di kalangan siswa pada Sabtu ini.

Siswa yang tersaring sejak dari sekolah, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi akan menjalani tes tertulis dan praktik.

Untuk SD bidang yang dilombakan adalah Matematika dan IPA, sedangkan SMP bidang Matematika, Fisika, Biologi, dan Astronomi. Adapun siswa SMA meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer/Informatika, Astronomi, Ekonomi, dan Kebumian.

Suharlan, Panitia OSN Pusat Tingkat SMA, mengatakan, pembinaan siswa untuk menghadapi OSN terus meningkat di daerah- daerah dengan adanya klub-klub sains di sekolah.

”Penularan semangat untuk mencintai dan mengembangkan sains di semua sekolah diharapkan bisa terus terjadi. Pengajaran sains yang tadinya minim praktikum, sekarang sudah mulai berubah. Dan, ternyata prestasi siswa kita di bidang sains semakin membaik, terbukti di berbagai kompetisi sains internasional pelajar kita selalu bisa meraih penghargaan,” kata Suharlan.

Menurut Suharlan, pembinaan siswa berprestasi yang terjaring OSN ini harus bersinergi antara orangtua, sekolah, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat, serta dukungan luas masyarakat.

”Dengan dukungan yang penuh, pembinaan berjenjang ini mampu menghasilkan siswa berprestasi yang unggul dan ini dibutuhkan bangsa untuk mendorong terciptanya keunggulan iptek di dalam negeri,” kata Suharlan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s