Siswa Menilai Cara Penyuluhan Anti Narkoba Sama Sekali Tidak Menarik

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Wates mengeluhkan acara penyuluhan tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba oleh Badan Narkotika Kabupaten Kulon Progo.

Acara itu dinilai tidak menarik karena cara penyampaian materi kurang interaktif. Lokasi penyuluhan pun dirasa tidak tepat karena berada di ruangan terbuka. Acara penyuluhan tersebut berlangsung Sabtu (9/8) di lapangan basket SMAN 1 Wates. Selain di SMAN 1 Wates, acara bertajuk BNK (Badan Narkotika Kabupaten) Goes to School itu rencananya digelar di delapan SLTA lain di Kulon Progo selama beberapa pekan ke depan.

Sejak dimulai sekitar pukul 10.00, hanya sedikit siswa SMAN 1 Wates yang tertarik menyimak penyuluhan. Mereka memang berkumpul di lapangan basket, namun hanya duduk-duduk di tepi lapangan yang ditumbuhi pepohonan. Selama acara berlangsung, nyaris tidak ada siswa yang bersedia maju ke tengah lapangan untuk menyimak penyuluhan yang disampaikan pihak BNK dan Kepolisian Resor Kulon Progo.

Menurut Surya (17), salah seorang siswa, penyuluhan itu terkesan membosankan karena tidak ada unsur interaktif. Siswa hanya dijadikan pendengar pasif yang tidak diberikan kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan tanggapan. Seharusnya acara penyuluhan di luar ruangan seperti ini juga diisi dengan bentuk-bentuk kesenian yang memancing minat siswa.

Bisa berupa seni teater, drama komedi, atau apa saja, yang penting menarik, tutur Surya. Anugerah (16), siswa kelas X, menambahkan, kalau memang penyuluhan hendak dilakukan secara searah, seharusnya acara dilangsungkan di dalam ruangan saja. Pelaksanaan penyuluhan di luar ruangan justru membuat siswa tidak fokus pada penyampaian materi.

Ketua Panitia BNK Goes to School Saryono mengatakan, Tadinya kami pikir acara di luar ruangan tidak akan menjemukan bagi siswa, tapi ternyata yang terjadi sebaliknya.

One response to “Siswa Menilai Cara Penyuluhan Anti Narkoba Sama Sekali Tidak Menarik

  1. fuck U bitch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s