40 Perguruan Tinggi Negeri Di Yogyakarta Kekurangan Murid

Sebanyak 40 perguruan tinggi swasta di Provinsi DI Yogyakarta kekurangan mahasiswa. Enam di antaranya terancam tutup karena tahun ini tidak memperoleh mahasiswa baru.

Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DI Yogyakarta Budi Santosa Wignyosukarto mengatakan, jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang kekurangan mahasiswa itu mencapai 30 persen dari 124 PTS yang ada di Provinsi DI Yogyakarta. ”Jumlah mahasiswa di PTS tersebut kurang dari 30 mahasiswa per program studi per angkatan, atau kurang dari syarat minimal kelayakan penyelenggaraan pendidikan,” katanya di Yogyakarta, Senin (11/8).

Sementara itu, enam PTS di DI Yogyakarta terancam tutup karena tahun ini tidak lagi mendapat mahasiswa. ”Seharusnya sudah tutup sejak tahun lalu,” katanya.

Jika jumlah mahasiswa di bawah jumlah ideal, PTS tersebut akan sulit bertahan karena sumber pendanaan sebagian besar berasal dari mahasiswa.

Salah satu PTS yang tahun ini tidak memperoleh mahasiswa adalah Politeknik Pusat Pelatihan Keterampilan Profesional (PPKP) Yogyakarta. Tahun ini hanya 15 orang yang datang untuk mendaftar, tetapi tidak ada yang kembali untuk mendaftar ulang. Saat ini kampus yang berdaya tampung 6.000 mahasiswa itu tinggal menunggu daftar ulang 150 calon mahasiswa.

Direktur Politeknik PPKP Kusman Abdi mengatakan, jumlah mahasiswa mulai menurun sejak empat tahun terakhir. Selain itu karena jumlah PTS yang semakin banyak sehingga persaingan meningkat.

Sejumlah permasalahan keuangan pun timbul karena satu-satunya sumber dana PTS adalah mahasiswa. Untuk mengatasinya, PTS tersebut telah mengurangi jumlah tenaga pengajar dari 600 menjadi 15 orang, mengurangi program studi dari 28 menjadi 6 program studi, dan menyewakan gedung yang kini tak terpakai.

Kepala Seksi Pengembangan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi DI Yogyakarta Sugiyanto mengatakan, menutup PTS tidaklah mudah karena wewenang pencabutan izin pendidikan tinggi hanya ada pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s