Awas Mafia Buku Sekolah Gentayangan Dimana Mana

Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Diskusi Mahasiswa (Fordisma) unjukrasa di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Selasa.

Mereka meminta Disdik menghentikan mafia penjulan buku yang gentayangan di sejumlah sekolah, serta menindak oknum guru yang terlibat.

Dalam orasinya, mahasiswa melihat mafia penjualan buku sengaja dilakukan pihak sekolah dan modusnya menjalin kerjasama dengan pihak penerbit.

Orangtua siswa berada pada kondisi tidak ada pilihan. Pasalnya, buku-buku yang dianjurkan tersebut memang tidak ada di pasaran. Artinya, penerbit memang melakukan simbiosis mutualisme dengan tidak menjualnya ke toko-toko buku.

“Karena tidak tersedia di pasaran, akhirnya orangtua siswa terpaksa membeli buku di sekolah tersebut dengan harga tinggi,” kata Azhar ketua aksi.

Aksi mahasiswa yang dilakukan dengan membakar ban bekas di pintu masuk ruang kantor Disdik tersebut mendapat pengawalan ketat aparat Polresta Cirebon.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cirebon Dedi Widyagiri yang menemui mahasiswa menjelaskan, dirinya tidak pernah didatangi oleh penerbit manapun terkait dengan peredaran buku-buku di sejumlah sekolah.

“Saya tidak pernah didatangi penerbit, atau memberikan rekomendasi kepada sekolah untuk membeli produk buku dari satu penerbut,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Cirebon Subardi, mengaku prihatin jika memang ada mafia penjualan buku di sejumlah sekolah sebagaimana diributkan akhir-akhir ini.

Dirinya menyadari anggaran BOS memang masih kecil, yakni Rp11.000 persiswa pertahun. Sedangkan harga satu buku dua kali lipat dari alokasi BOS tersebut.

“Saya akan mencoba mencari solusi mengenai persoalan buku mata pelajaran yang saat ini memang menjadi momok menakutkan bagi orangtua siswa,” janjinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s