25 Guru Sekolah Dasar Palembang Mogok Mengajar

Sebanyak 25 guru SD Harapan Mulia, Palembang, Sumatera Selatan, mogok mengajar, Selasa (12/8). Mereka menuntut peningkatan kesejahteraan melalui pemberian gaji bulanan yang setara dengan upah minimum regional di Sumsel.

Salah satu guru SD Harapan Mulia yang enggan disebut namanya mengatakan, selama ini pihak sekolah dan yayasan belum maksimal dalam memerhatikan kesejahteraan guru. Gaji sejumlah guru SD Harapan Mulia masih di bawah upah minimum regional (UMR). ”Padahal, di Kota Palembang, sekolah ini tergolong elite dan favorit. Kami menuntut perbaikan gaji guru, tetapi tidak direspons. Makanya, kami mogok saja,” katanya.

Selama ini rata-rata gaji guru yang mogok mengajar itu Rp 600.000 per bulan. Kemarin mereka menuntut kenaikan gaji lebih dari Rp 700.000 per bulan. UMR saat ini adalah Rp 743.000.

Pantauan Kompas, aktivitas belajar-mengajar di SD tersebut agak terganggu akibat pemogokan itu. Kompleks sekolah dijaga ketat oleh petugas satuan pengamanan (satpam) sehingga orang luar tidak bisa masuk tanpa izin.

Di tengah mogok mengajar tersebut, terjadi tindakan yang kurang menyenangkan dari Kepala SD Harapan Mulia, Syafruddin, dan petugas satpam terhadap wartawan harian Sriwijaya Post, Dewi. Ia diminta ke luar kompleks sekolah secara kasar.

Hal ini langsung dilaporkan sejumlah wartawan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Aidin.

Menanggapi laporan itu, Aidin, yang kantornya bersebelahan dengan SD Harapan Mulia, segera memanggil Syafruddin. Namun, tidak ada putusan berarti dari Aidin. ”Saya bisa memakluminya. Mungkin karena keduanya sama-sama panik,” kata Aidin kepada pers.

2 responses to “25 Guru Sekolah Dasar Palembang Mogok Mengajar

  1. Mereka mogok untuk alasan yang sangat-sangat wajar…

  2. guru2 harapan mulia emang wajar keluar dari harapan mulia karena mereka sudah lama kerja di harapan mulia masa gajinya cuman 600.000 padahal sekarangka UMR nya kan 743.000.sekolah islam kok kayak gitu sih……………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s