Sekolah Gratis Menyenangkan Banyak Orang

Kegembiraan tak bisa disembunyikan dari wajah Marshiella. Pelajar kelas XI SMA Negeri 8 Jakarta tersebut.

Ia tak lagi dipusingkan dengan urusan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Selain mendapat jaminan bisa diterima di perguruan tinggi manapun tanpa tes, ia juga berhak mendapatkan bea siswa hingga S3 (program dokter).

“Aduh, seneng banget. Aku bisa pilih perguruan tinggi manapun,” tutur Marsheilla.

Gadis cantik anak pasangan Rizal Novandi-Emeria Bakti tersebut adalah salah satu pemegang medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2008 di Makassar yang baru berakhir tanggal 14 Agustus.

Ia kini juga menjadi salah satu siswa yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade on Astronomy and Astrophysics (IOA) yang berlangsung di Bandung 19-28 Agustus 2008.

Marsheilla tidak sendiri. Kevin Winata, pelajar SMAK BPK Penabur Jakarta juga mendapatkan peluang yang sama. Penyuka buku komik tersebut mendapatkan peluang melanjutkan ke PTN manapun setelah dalam olimpiade matematika dunia (IMO) 2008 ini ia berhasil membawa pulang medali emas.

Tak hanya Marsheilla dan Kevin. Lorenz da Silva, pelajar SMA Smesta Semarang yang pernah mendapatkan medali emas dalam olimpiade astronomi dunia bahkan sudah membuktikan sendiri janji pemerintah tersebut. Ia kini sudah diterima di ITB jurusan Teknik Elektro tanpa tes.

“Sampai sekarang belum ada bayaran apapun. Semoga benar-benar gratis,” kata Lorenz.

Hal serupa juga dialami Eky Valentian Febriano. Lulusan SMA Negeri 3 Bogor kini telah diterima di ITB jurusan teknik penerbangan tanpa tes. “Saya hanya menunjukkan daftar prestasi dan perolehan medali emas dalam bidang keilmuan saja,” katanya.

KE LUAR NEGERI
Berbeda dengan rekan-rekan lainnya, Ady Suwardi justeru tidak memanfaatkan peluang tersebut. Usai lulus SMA Sutomo I Medan, pemegang medali emas astronomi dunia tersebut memilih untuk melanjutkan ke Singapura. Di negeri tersebut, ia juga diterima tanpa tes bahkan dijanjikan bea siswa yang cukup besar.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Depdiknas Suyanto mengatakan bahwa beberapa perguruan tinggi negeri sudah memberikan fasilitas seperti itu. Misalnya ITB, UGM dan UI.

Peluang bea siswa itu sendiri lanjut Suyanto tidak terbatas pada PTN di Indonesia. “Peraih medali emas dunia akan memperoleh kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di mana saja di seluruh dunia hingga tingkat doktoral (S3) dengan bea siswa dari pemerintah,” tambahnya.

Dalam IOA kali ini, tim Indonesia yang mengirimkan 10 siswa terbaiknya kata Direktur SMA, Sungkowo Mujiamanu menargetkan perolehan emas. “Kalau bisa jadi juara umum karena kita adalah tuan rumah,” katanya.

One response to “Sekolah Gratis Menyenangkan Banyak Orang

  1. bagus infonya sangat membantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s