The Three Trillion Dollar War: The True Cost of the Iraq Conflict

Judul: The Three Trillion Dollar War: The True Cost of the Iraq Conflict
Penulis: Joseph E Stiglitz & Linda J Bilmes
Penerbit: WW Norton & Company
Cetakan: 2008
Tebal: xxiii+311 halaman

Perang Irak diperhitungkan sebagai konflik Amerika Serikat (AS) termahal sejak Perang Dunia II. Semula perang ini diproyeksikan akan menelan biaya sekitar 50 juta dollar. Namun, pada kenyataannya Pemerintah AS sejauh ini telah menghabiskan dana mendekati satu triliun dollar. Belum lagi tambahan biaya yang harus dikeluarkan untuk memberikan pengobatan bagi ratusan veteran tentara perang yang terluka.

Dengan menggunakan pendekatan tertentu, Stiglitz dan Linda J Bilmes, pakar bidang keuangan pemerintah dari Universitas Harvard, mencoba menghitung perkiraan dana yang dibutuhkan operasi militer AS di Irak. Stiglitz, peraih Nobel Ekonomi pada tahun 2001 yang pernah menjabat sebagai ketua dewan penasihat ekonomi era pemerintahan Presiden Bill Clinton, memperlihatkan angka hingga lebih dari tiga triliun dollar. Jumlah ini adalah total perkiraan anggaran yang harus dikeluarkan untuk membiayai perang tersebut.

Selain dampak finansial dan ekonomi, dijelaskan juga konsekuensi sosial akibat keterlibatan AS pada perang Irak. Disebutkan bahwa invasi AS ke Irak merupakan kesalahan yang mengerikan. Diperkirakan hampir 4.000 tentara tewas dan lebih dari 58.000 terluka. Tidak hanya luka fisik. Sekitar seratus ribu tentara AS harus dipulangkan karena menderita gangguan kesehatan mental yang serius

One response to “The Three Trillion Dollar War: The True Cost of the Iraq Conflict

  1. Saya rasa angka tersebut tidak terkesan sangat melebih-lebihkan. pasalnya amerika juga tidak menduga bahwa perang tersebut malah bertambah lama…
    pada awalnya amerika memang memperkirakan biaya perang sekitar 50 jtan atau lebih. Namun setelah Saddam Hussein tertangkap perang tersebut tidak berhenti malah semakin parah.
    Bahkan anggaran untuk membiayai satu personel tentara setara dengan biaya 100 personel tentara irak. Bagaimana tidak membengkak bila hal tersebut berjalan selama beberapa tahun sehingga menimbulkan krisis global akhir-akhir ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s