Wayang Mbeling: Sastra Indonesia Menjelang Akhir Orde Baru

Judul: Wayang Mbeling: Sastra Indonesia Menjelang Akhir Orde Baru
Penulis: Marshall Alexander Clark
Penerbit: Lembaga Studi Pers dan Pembangunan
Cetakan: I, Mei 2008
Tebal: 232 halaman

Sastra Indonesia menjelang akhir Orde Baru diwarnai dengan beberapa peristiwa penting yang menjadi momok bagi kebebasan berekspresi. Pencekalan dan sensor kerap mengiringi kiprah mereka. Penyair Wiji Thukul mengalami kekerasan dan kemudian dinyatakan hilang, novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer dilarang sampai lengsernya Soeharto. Ada banyak seniman mengalami penahanan sementara, atau pelarangan seputar kegiatan budaya mereka.

Buku yang diangkat dari disertasi ini mengetengahkan dunia sastra Indonesia menghadapi politik represif dan otoriter rezim Orde Baru, yang memanfaatkan sensor sebagai alat untuk mengawasi media dan seni. Penulis mengkaji cara yang digunakan sejumlah pengarang untuk menghindari sensor pemerintah, melalui wayang sebagai sarana ekspresi kritik sosial dan politik. Wayang Mbeling adalah hasil penulisan ulang cerita wayang yang dimanipulasi dengan bahasa satire, keluar dari pakem, dan berisi kritik tajam terhadap pemerintah. Ini merupakan aliran sastra yang muncul sebagai perpaduan antara wayang kulit Jawa dan sastra Indonesia modern.

Karya yang dibahas antara lain Anak Bajang Menggiring Angin (Sindhunata, 1983), novel yang menempatkan kera, raksasa, dan dedemit sebagai simbolisasi rakyat, Bharatayuda di Negeri Antah Berantah (Pipit Rochijat Kartawidjaja, 1993) yang merepresentasikan Soeharto sebagai presiden Dosomuko, dan Lengsernya Rahwana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s