Universitas Terbuka Masih Terkendala Teknologi dan Biaya

Belum semua mahasiswa Universitas Terbuka dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang merupakan penunjang program belajar mengajar jarak jauh itu. Penggunaan internet masih sedikit karena keterbatasan infrastruktur dan terkendala kemampuan mahasiswa.

Meski demikian, bagi para mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang sebagian besar guru SD yang tersebar hingga ke daerah terpencil, kehadiran UT amat penting untuk melanjutkan kuliah.

Belum semua mahasiswa, yang sebagian besar guru, dapat mengakses fasilitas materi pembelajaran yang sama lantaran keterbatasan infrastruktur dan teknologi. Bahkan, banyak pula di antara mahasiswa yang belum mampu mengoperasikan komputer.

Efendi, salah seorang mahasiswa UT di Kecamatan Liwa, Lampung Barat, Senin (1/9), menuturkan, pembelajaran mandiri yang dijalaninya hanya mengandalkan modul dan sumber belajar audio dari kaset. Akan tetapi, tidak semua mata pelajaran terdapat materi audionya.

Untuk mata kuliah wajib tertentu terdapat tutorial tatap muka antara tutor dan mahasiswa. ”Jika mau tambahan tutorial, tatap muka biasanya diatur oleh mahasiswa dengan biaya Rp 100.000 per mata kuliah,” ujar Efendi yang mengambil Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Tutorial tatap muka dilaksanakan di SMPN 1 Liwa. Tutor umumnya guru SMA senior dengan pendidikan minimal S1.

”Belum ada komputer dan akses internet yang dapat dimanfaatkan. Guru-guru juga datang dari dusun-dusun yang sebagian masih terisolasi. Komputer masih asing buat guru,” ujarnya.

Atwi Suparman, Rektor UT, mengatakan, secara sistem penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, UT sudah siap dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang. ”Dari sisi UT, secara sistem sudah tidak masalah. Penggunaan internet untuk pembelajaran, registrasi, dan tutorial online sudah bisa diakses. Kendalanya karena tidak semua daerah bisa terjangkau internet dan tidak semua mahasiswa mampu menggunakan komputer,” katanya.

Untuk mengatasi kendala tersebut, UT menggunakan berbagai cara untuk membantu mahasiswa agar mudah mengakses bahan belajar. Selain paket modul, penyebaran informasi, dan tutorial, UT juga memanfaatkan koran lokal, radio, dan televisi kabel atau lokal.

2 responses to “Universitas Terbuka Masih Terkendala Teknologi dan Biaya

  1. perincian biayanya manaaaaaaaa????????

  2. Perincian biaya mohon dikirim ke e-mail saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s