Kampanye Sekolah Gratis Melebihi Menarik Daripada Wajah Cantik Para Artis Yang Membosankan

Kemenangan Alex Noerdin- Eddy Yusuf atau Aldy dalam Pilkada Sumatera Selatan setidaknya mencerminkan bahwa sebagian besar warga lebih tertarik pada program pemenuhan sekolah dan kesehatan gratis daripada popularitas sosok selebriti.

Pasangan itu berhasil meraih suara pemilih sedikit lebih banyak dari Syahrial Oesman—yang berpasangan dengan presenter yang cukup populer di negeri ini, Helmy Yahya.

Dalam Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (9/11), Aldy, yang selalu mengusung program sekolah dan kesehatan gratis dalam kampanyenya, ditetapkan sebagai pemenang pemilihan kepala daerah (pilkada). Mereka memperoleh 1.866.390 suara (51,40 persen). Rivalnya, Syahrial-Helmy (Sohe), mendapat 1.774.373 suara (48,60 persen), kalah tipis 122.017 suara.

Aldy unggul di delapan dari 15 kabupaten/kota, antara lain di Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Lahat, dan Musi Rawas. Sohe menang di tujuh daerah, antara lain di Palembang, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Komering Ulu Timur.

Jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya dalam pencoblosan tanggal 4 September lalu tercatat 3.704.591 orang (72,79 persen). Namun, 73.828 suara di antaranya dinyatakan tidak sah. Mengingat pemilih yang terdaftar 5.089.536 orang, maka 1.384.945 (27,21 persen) pemilih adalah golongan putih.

Ajukan gugatan

Dalam telekonferensi seusai penetapan pemenang pilkada kemarin, Alex Noerdin yang sedang berada di Jakarta menyatakan, setelah dilantik, dia akan langsung memanggil semua wali kota dan bupati se-Sumsel untuk membahas pembagian anggaran. ”Terutama untuk melaksanakan program sekolah dan kesehatan gratis. Berapa anggaran yang mereka sediakan dan berapa yang harus disiapkan provinsi. Pasti mereka mendukung karena rakyat membutuhkan,” katanya.

Di pihak Sohe, Ketua Tim Advokasi Sohe, Suparman Romans, menekankan, pihaknya akan mengajukan gugatan hukum ke pengadilan. Mereka menduga ada penggelembungan suara di Kabupaten Musi Banyuasin. ”Hari ini (kemarin) kami menyusun materi gugatannya. Besok atau lusa kami mengajukan ke pengadilan tinggi,” ujar Suparman.

Rapat Pleno KPU Sumsel, yang antara lain dihadiri Gubernur Sumsel Mahyuddin dan Kepala Kepolisian Daerah Sumsel Irjen Ito Sumardi, tidak dihadiri tim dan saksi Sohe.

Meski demikian, menurut Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan, rapat pleno tersebut tetap sah karena dihadiri minimal tiga anggota KPU Sumsel. Rapat itu diwarnai unjuk rasa ratusan pendukung Sohe.

2 responses to “Kampanye Sekolah Gratis Melebihi Menarik Daripada Wajah Cantik Para Artis Yang Membosankan

  1. ARTIKELNYA …. KERENNNN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s