Kesinambungan Arsitektur Jawa

Judul: Arsitektur-Kota Jawa: Kosmos; Kultur & Kuasa
Penulis: Jo, Santoso
Penerbit: Centrapolis, Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanegara
Cetakan: I, Juni 2008
Tebal: 234 halaman

Konsep tata ruang dan tata bangunan kota-kota di Jawa berhubungan erat dengan prinsip filsafat serta religius-budaya yang dipahami masyarakat Jawa. Arsitektur kota juga dikembangkan berdasarkan kosmologi Jawa. Fungsi kontrol dan komunikasi tidak pernah lepas dari struktur tata ruang kota tersebut.

Struktur ruang kota-kota di Jawa memiliki konsep keruangan dan arsitektur yang sama. Dalam perkembangannya kedua konsep tersebut berubah. Perubahan disebut berkesinambungan apabila struktur ruang yang baru bertopang pada pengembangan dasar-dasar nilai budaya yang telah ada.

Melalui buku ini, Suryadi Santoso atau yang lebih dikenal sebagai Jo Santoso ingin menunjukkan bahwa proses transformasi struktur ruang dan arsitektur kota-kota di Jawa pada masa prakolonial berlangsung secara berkesinambungan. Budaya luar berhasil dimodifikasi sehingga dapat menjadi bagian integral dalam konsep ruang-kota secara keseluruhan.

Bagian dari hasil studi doktoral tahun 1981 dan baru dibukukan tahun 2008 ini juga mengemukakan seputar konsep, struktur, dan bentuk kota-kota di Jawa. Termasuk di dalamnya menguak pola tata ruang pusat pemerintahan kerajaan Majapahit dan Mataram.

One response to “Kesinambungan Arsitektur Jawa

  1. wah terimaksih atas informasi bukunya..

    salam sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s