Buku Kemiliteran Sepuluh Tahun Reformasi Tentara Nasional Indonesia TNI

Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Marsekal Madya TNI Sagom Tamboen mengemukakan, Hari Ulang Tahun Ke-63 TNI, Selasa (14/10), akan dimanfaatkan untuk menyosialisasikan penerbitan buku sepuluh tahun perjalanan reformasi TNI sejak sebelum tahun 1998 menyongsong abad ke-21. Selain buku itu, TNI juga membagikan buku saku kepada setiap prajurit TNI yang isinya menegaskan keputusan tentang netralitas TNI dan prajurit TNI dalam Pemilu 2009.

Sagom di Malang, Jawa Timur, di sela-sela kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke lokasi Batalyon Kesehatan 2/2 Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Senin (13/10), menjelaskan, buku terbitan Markas Besar TNI itu tentang perjalanan reformasi TNI akan dibagikan kepada undangan yang hadir pada upacara Hari TNI di Surabaya.

Isinya, kata Sagom, TNI sejak sebelum tahun 1998 menyadari, apa yang dilakukan TNI pada masa Orde Baru adalah kurang pas bagi demokratisasi. Kebetulan saat 1998 reformasi bergulir adalah saat yang tepat untuk mengimplementasikan paradigma baru TNI menyongsong abad ke-21.

”TNI ingin mengubah struktur, doktrin, dan kultur TNI yang tadinya berdwifungsi menjadi hanya alat pertahanan. Struktur TNI, dengan demikian, diubah dan sebagai konsekuensinya doktrin dan kultur harus kita ubah,” katanya.

Misalnya, tambah Kepala Puspen TNI itu, jika dulu karena TNI melaksanakan doktrin dwifungsi, pelajaran di sekolah TNI berisi materi tentang sosial politik, maka sekarang tidak lagi. Sekarang materi itu diganti, antara lain dengan materi tentang hak asasi manusia (HAM), demokratisasi, dan tentang lingkungan hidup. Buku itu juga akan dibagikan kepada rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s