Mangku Sitepoe, Bukan Dokter Biasa, Corat-coret Anak Desa Berprofesi Ganda

Judul: Corat-coret Anak Desa Berprofesi Ganda
Penulis: Mangku Sitepoe
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Cetakan: I, Agustus 2008

Tahun 1978, saat dilantik sebagai dokter umum, disebutkan bahwa Mangku merupakan dokter hewan yang sekaligus berprofesi sebagai dokter umum pertama di Indonesia. Mangku diakui sebagai salah satu ahli zoonosis, ahli penyakit infeksi yang terjadi secara alami antara hewan dan manusia.

Menjalani profesi ganda, selain memberikan kebahagiaan ternyata juga menimbulkan kerepotan. Sebuah kejadian lucu pernah dialaminya. Suatu saat, karena kehabisan buku resep untuk pasien orang, Mangku menulis resep pada kertas resep untuk pasien binatang. Terjadilah insiden kecil di apotek saat petugas apotek memanggil si pasien dengan nama anjing. Si pasien protes karena menjadi bahan tertawaan pengunjung lain.

Dalam buku ini, selain menguraikan kisah kehidupannya, Mangku menguraikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan dan kedokteran. Membahas perbedaan dan persamaan penyakit dan pengobatan atau perlakuan bagi pasien, baik manusia maupun pasien hewan.

Berbagai persoalan dan tantangan dalam bidang kesehatan, seperti membebaskan Indonesia dari penyakit mulut dan kuku, penanganan wabah antraks, soal mahalnya harga obat, hingga ke susu formula, makanan hasil rekayasa genetika, dan masalah flu burung juga menjadi perhatian Mangku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s