Jejak Bakti Pamong Praja Di Tanah Papua

Judul: Bakti Pamong Praja Papua: Di Era Transisi Kekuasaan Belanda ke Indonesia
Penulis: Leontine E Visser & Amapon Jos Marey
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Cetakan: I, Oktober 2008
Tebal: xvii + 451 halaman

Publikasi ini memberikan gambaran posisi dan kontribusi pamong praja orang Papua dalam struktur administrasi pemerintahan di Nederlands Nieuw-Guinea pada periode 1950-1962. Gambaran ini dirangkum dari pengalaman 17 pamong praja orang Papua yang sebagian besar adalah lulusan OSIBA (Opleiding School voor Inhemse Bestuurs Ambtenaren atau Sekolah Pendidikan Pamong Praja Papua) di Abepura.

Kompleksitas permasalahan dengan penduduk dan luasnya wilayah Papua memberikan kesan tersendiri bagi para bestuursambtenaar (pegawai pamong praja). Pengalaman Alex Sawaki, misalnya, yang berusaha masuk dan memahami masyarakat lewat sosok guru.

Strategi ini didasari kepercayaan masyarakat, terutama di kampung-kampung yang lebih menghargai guru. Lain lagi pengalaman Lambert Marani. Dia menceritakan pengalamannya mengurusi administrasi catatan sipil yang tertib pada masa itu. Di bagian lain, Marani juga berkisah tentang nuansa demokrasi saat pemilu Nieuw-Guinea Raad di Dafonsoro.

Saat-saat menjelang penentuan pendapat rakyat juga membawa perubahan besar bagi sistem pemerintahan kala itu. Dirk Bernadus Urus mengungkapkan, pada masa UNTEA (Badan Pelaksana Sementara PBB), sistem pemerintahan Belanda masih berlaku. Pegawai-pegawai Trikora yang didatangkan oleh Indonesia masih menyesuaikan diri. Pegawai bekas Belanda dilengserkan dan pegawai pemerintah (Belanda) seperti dirinya harus mengikuti penataran, pelatihan, serta kursus-kursus yang diberikan Pemerintah Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s