Jejak Tradi Bahasa Seni Rupa Indonesia Lama

Judul: Jejak-jejak Tradisi Bahasa Rupa Indonesia Lama
Penulis: Wiyoso Yudoseputro
Penerbit: Yayasan Seni Visual Indonesia, Fakultas Film dan Televisi IKJ, Fakultas Seni Rupa IKJ, Koperasi Sinematografi IKJ
Cetakan: I, Juli 2008
Tebal: xxvi + 244 halaman

Kemajemukan yang menjadi ciri dasar kebudayaan Indonesia telah melahirkan berbagai jenis dan bentuk ekspresi seni rupa Indonesia lama. Berdasarkan karya yang ditemukan, seni rupa Indonesia dibagi menjadi empat zaman, yaitu kebudayaan prasejarah, purba, madya, dan zaman baru atau modern. Keragaman karya seni rupa dari masa prasejarah, Klasik Hindu, dan Islam, tidak hanya timbul karena pengaruh budaya asing secara tidak merata, tetapi juga karena proses kelahiran dan perkembangannya dipengaruhi lingkungan alamnya.

Jati diri seni rupa Indonesia-Hindu diidentifikasikan sebagai local genius yang mengalami proses akulturasi dan inkulturasi selama berabad-abad. Manifestasi dan keragaman gaya ekspresinya berlandaskan kesinambungan nilai-nilai tradisi seni asli Indonesia yang diperkaya dengan unsur seni dari luar seperti dari Cina dan Campa.

Corak kebudayaan feodal zaman Hindu masih dipertahankan dan mewarnai bentuk ungkapan seni zaman kekuasaan raja-raja Islam. Pembentukan budaya Islam yang berasal dari India dan Gujarat menjadikan kebudayaan Hindu-Parsi ikut mewarnai kebudayaan Islam di Indonesia. Tradisi Hindu yang didominasi oleh ragam hias floralistis menjadi gaya khas seni hias Islam di Indonesia.

Dokumentasi karya seni ini menunjukkan pluralitas gaya ekspresi seni rupa Indonesia sejak masa pemerintahan kolonial kehilangan makna sebagai hasil kesinambungan tradisi yang mampu menghasilkan ciptaan baru. Persinggungan dengan kebudayaan Eropa yang hanya didasari kepentingan perdagangan dan militer saja mengakibatkan kebudayaan barat tidak berhasil membentuk kesenian dengan nilai artistik utuh. Bentuk karya cipta seni rupa yang menyerupai budaya barat hanya merupakan peniruan kesenian asing tanpa melali proses akulturasi.

3 responses to “Jejak Tradi Bahasa Seni Rupa Indonesia Lama

  1. kebudayaan indonesia itu kebudayaan pada zaman apa saja?apakah sebelum adanya penjajahan atau zaman prasaejarah atau sejarah ?

  2. maksud saya kebudayaan lama di Indonesia?

  3. yach segala bentuk pencatatan sejarah tak luput dari berbagai pendapat dan versi tentunya, namun jika benar2 menegok dengan cara pandang yg luas yg tentunya harus melibatkan antropolog atau mungkin tokoh2 filsuf di negri ini tentu takkan rancu oleh satu versi yg bersumber dari wacana tanpa penelitian.
    masalah yg ada karna sebelum zaman hindu seni sudah tumbuh di negri ini, tergantung mo di masukin dalam kategori apa?

    sharing yg bagus sob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s