Kearifan Pelacur: Kisah Gelap di Balik Bisnis Seks dan Narkoba

Judul: Kearifan Pelacur: Kisah Gelap di Balik Bisnis Seks dan Narkoba
Penulis: Elizabeth Pisani
Penerbit: Serambi
Cetakan: I, September 2008
Tebal: ix + 589 halaman

”Berhubungan dengan seks” itulah jawaban pendek jika ada yang bertanya soal pekerjaannya. Sebagai ahli epidemiologi sekaligus jurnalis, Elizabeth Pisani menyajikan sebuah penelitian dengan pendekatan yang sangat humanis. Dia tidak berbicara tentang angka, tetapi fakta bagaimana perilaku seks yang menyimpang memicu penularan HIV/AIDS dan bersama narkoba menjadi pembunuh yang sangat mengerikan.

Sebuah memoar yang mengungkap seluk-beluk permasalahan HIV/AIDS dan narkoba yang saling berkaitan di antara jalanan kumuh Jakarta dan kota-kota besar lainnya di dunia. Sebagian buku ini berisi pengalamannya ketika pada tahun 2001 bekerja di Jakarta sebagai konsultan bantuan Pemerintah Amerika Serikat dalam memetakan pola perilaku golongan yang rentan sebagai penyebar virus HIV/AIDS dan mencari jawaban bagaimana menghentikan penyebaran virus mematikan ini.

Buku ini menggambarkan jejaring di kalangan pekerja seks dan pelanggannya yang tidak sederhana di Jakarta. Pemahaman itu dia dapatkan melalui penelitian kualitatif dengan langsung terjun ke lapangan yang membawanya ke tempat-tempat transaksi seks dari yang becek hingga tempat berkumpulnya para gay elite. Penyusuran dimulai dari kamar remang-remang, rumah bordil, sarang waria, hotel-hotel hingga pusat-pusat konvensi mewah juga meja birokrasi dilengkapi wawancara mendalam dengan para korban. Seperti kesaksian Lenny Sugiharto, seorang waria pengidap HIV/AIDS yang sudah bertobat dan kini memimpin sebuah LSM yang memberikan penyuluhan tentang bahaya AIDS kepada sesama waria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s