Tema Buku Jelajah Musi Adalah Kesejahteraan Masyarakat Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memfokuskan pembenahan tiga bidang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja. Ketiga bidang itu yang menjadi akar masalah yang melilit masyarakat sebagaimana menjadi tema ekspedisi Jelajah Musi 2010.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat membuka Kompas Gramedia Fair dan peluncuran buku Jelajah Musi di Aryaduta Convention Centre, Palembang, Rabu (28/4). Hadir saat itu Redaktur Pelaksana Kompas Budiman Tanuredjo dan Christanto dari Bank Central Asia.

Alex mengatakan, hasil liputan wartawan Kompas dalam Jelajah Musi 2010 telah membuka berbagai masalah sosial dan pembangunan di sepanjang aliran Sungai Musi. Ekspedisi menunjukkan adanya kesulitan masyarakat di sekitar Sungai Musi dalam mengakses pelayanan kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja.

Ekspedisi Jelajah Musi 2010 juga menunjukkan keuletan masyarakat di sepanjang Sungai Musi dalam menghadapi berbagai kesulitan dan keterbatasan. Tanpa disadari, ekspedisi Jelajah Musi 2010 adalah promosi besar-besaran bagi Sumsel secara gratis.

”Saya memesan buku Jelajah Musi untuk dibagikan ke perpustakaan dan kepada jajaran pemerintah sampai ke tingkat desa. Buku ini akan mengubah pola pikir pejabat. Saya minta jajaran pemerintah di Sumatera Selatan membaca dan meresapi isi buku ini,” kata Alex.

Acara pembukaan Kompas Gramedia Fair Palembang juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada juara lomba menulis tentang Sungai Musi tingkat SMA dan mahasiswa se-Sumsel. Kepada para pemenang yang berjumlah enam orang, Alex Noerdin memberikan hadiah tambahan masing-masing satu laptop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s