Cara Membuat Sekolah Menarik dan Selalu Diminati

Sorot mata Wahyudi belum juga lepas dari spanduk di depan ruang Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2010-2011 SMAN 5 Kota Bandung. Di sana terpampang nama dan foto peraih medali emas International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-17 di Denpasar, Bali, Sonny Lazuardi N, dan peraih perak, Aria Dhanang Dewangga. Keduanya adalah siswa SMAN 5.

ICYS tahun ini diadakan di Bali, 12-17 April. Kompetisi ilmiah yang digagas Eotvos Lorand University, Budapest, Hongaria, dan Belarusian State University, Minsk, Belarus, ini diikuti 19 negara. Beberapa di antaranya adalah Jerman, Belanda, Polandia, Romania, Rusia, Turki, dan Ukraina.

“Prestasi ini yang membanggakan ketika anak SMA mampu mengharumkan negara di tingkat internasional. Kalau anak saya diterima di sini, harapannya tentu bisa meraih prestasi serupa,” ujar Wahyudi, orangtua pendaftar di SMAN 5.

Iman, orangtua pendaftar lain, juga menyatakan tertarik menyekolahkan anaknya ke SMAN 5. Sekolah ini dianggap punya reputasi yang baik, khususnya di bidang ilmu pasti. Hal itu dirasa tepat dengan minat anaknya yang unggul pada mata pelajaran Matematika. Ia berharap kemampuan anaknya tidak hanya digunakan dalam pelajaran sehari-hari, tetapi juga untuk beragam kompetisi.

Tidak jauh dari situ, Junaedi, orangtua pendaftar, justru tertarik dengan program seni budaya dan lingkungan yang ditawarkan di SMAN 3 Kota Bandung. Ia mengatakan, tim angklung SMAN 3 telah menjelajahi berbagai negara, antara lain Italia, Swiss, dan Amerika Serikat. Namun, di lain sisi prestasi SMAN 3 sebagai sekolah berprestasi tidak luntur. Hal itu membuktikan program belajar-mengajar yang ditawarkan bisa menyeimbangkan kemampuan akademik dan minat siswa dengan baik.

“Anak saya kebetulan punya bakat bermain musik angklung. Mungkin ia bisa mengembangkannya lebih jauh di sini,” ungkapnya. Lain lagi dengan Maman Ahmad, orangtua pendaftar di SMKN 10 Kota Bandung. Melalui informasi yang ia dapatkan, SMKN 10 diyakini bisa mengembangkan minat dan bakat anaknya di bidang seni.

“Setelah tanya ke sana kemari, SMKN 10 katanya punya reputasi mendidik anak mengembangkan bakat seni,” kata Maman. SMAN 5, SMAN 3, dan SMKN 10 termasuk dalam kategori unggulan di Jawa Barat. Tidak jarang, banyak lulusan SMP tertarik masuk menjadi bagian dari keluarga besarnya. Penarik

Ketua Panitia PPDB 2010-2011 SMAN 5 Bandung Suhendri mengatakan, kemampuan akademik siswa memang menjadi penarik utama calon peserta. SMAN 5 tidak sepi peminat meski syarat untuk masuk tidak mudah dan ditambah banyaknya pesaing. Tahun ini peserta ujian masuk lebih dari 700 orang.

Standar ujian masuk rintisan sekolah berstandar internasional memang terbilang tinggi dibandingkan dengan sekolah lain, misalnya nilai rapor kelas VII-IX (semester I-V) SMP atau sederajat rata-rata 7,5. Selain itu, rata-rata nilai mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris minimal 7,0. Sementara itu, juara Olimpiade Sains tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional diterima dengan mendaftar melalui registrasi jalur olimpiade.

Ketua Panitia PPDB 2010-2011 SMAN 3 Firman Syah Noor mengatakan, selain prestasi akademik, angklung menjadi salah satu penarik minat siswa baru. Pentas di luar negeri dan prestasi di dalam negeri menjadi idaman siswa baru yang memiliki minat seni tinggi. Buktinya, peserta ujian tahun ini melonjak menjadi 1.300 orang. Padahal, kuota yang tersedia diperkirakan kurang dari 200 orang.

“Beragam tes akan kami lakukan untuk melihat siapa yang terbaik, di antaranya tes Matematika, IPA, dan IPS, dan Bahasa Inggris. Ada juga tes psikologi dan wawancara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru SMKN 10 Yahya Wahyudin mengemukakan, setiap calon siswa diwajibkan memiliki bakat dan minat terhadap kesenian karena penekanan utama sekolah yang dulu bernama Sekolah Menengah Karawitan Indonesia ini adalah pengembangan bakat kesenian. Ada lima jurusan yang ditawarkan, yaitu tari, musik tradisional, musik kontemporer, dan teater, penyiaran.

“Target calon siswa sebanyak 500 orang untuk penerimaan tahun ini. Mungkin hanya setengahnya yang akan diterima,” ujar Yahya. Pengembangan mata pelajaran, lanjutnya, tidak hanya teori dan praktik. Sebagai penambah motivasi, seniman tradisional atau kontemporer biasanya didatangkan untuk berbagi pengalaman kepada siswa. Hal itu diyakini bisa meningkatkan motivasi siswa meningkatkan minat dan bakatnya.

“Metode itu terbilang ampuh karena hingga saat ini penghargaan dan undangan tampil di berbagai acara, di dalam dan luar negeri, selalu berdatangan,” tutur Yahya yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 10 ini.

One response to “Cara Membuat Sekolah Menarik dan Selalu Diminati

  1. Download Kumpulan Contoh Makalah Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s