Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom & Resensi Buku

Kiat Jadi Penulis

• Judul: Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom & Resensi Buku • Penulis: Mudrajad Kuncoro • Penerbit: Penerbit Erlangga • Edisi: I, 2009 • Tebal: xiv + 155 halaman • ISBN: (13) 978-979-075-288-7

Buku ini menambah pustaka dan pedoman praktis kiat menjadi penulis. Dibandingkan dengan serakan buku sejenis, perbedaannya terletak pada berbagai advokasi yang insinuatif, mulai dari bahwa menulis itu perintah Allah SWT, menulis itu menunda kepikunan otak, menulis itu mendatangkan penghasilan, sampai dengan kiat-kiat praktis. Bagaimana memahami selera media massa maupun penjaga rubrik agar tulisan bisa dimuat di media massa.

Terdiri atas 10 bagian, seluruhnya tidak berpretensi dengan rujukan analisis teoretis. Penulis memberikan tips-tips khusus yang bisa membuat pembaca tergerak untuk memulai. Menulis itu keterampilan yang bisa dilatih.

Buku tipis dan praktis ini tidak berangkat dari teori-teori, melainkan merupakan refleksi pengalaman dari penulisnya sendiri. Dalam usia relatif muda, 44 tahun, dengan kesibukan dan profesi utama sebagai guru besar, jumlah 21 buku yang telah ditulisnya merupakan rekor tersendiri.

Komitmen menjadi penulis adalah akar masalah dan sumber untuk mulai menulis. Komitmen perlu dilengkapi sejumlah hal yang saling berkait dan saling mendukung, di antaranya harus menyediakan waktu khusus dan punya disiplin diri.

One response to “Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom & Resensi Buku

  1. Menarik sekali..saya juga ingin belajar menulis resensi buku.
    Salam kenal dari saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s