Melek Televisi Bagi Ibu Rumah Tangga

Melek Televisi bagi Ibu Rumah Tangga

• Judul: Ketika Ibu Rumah Tangga Membaca Televisi • Penyunting: D Danarka Sasangka & Darmanto • Penerbit: Masyarakat Peduli Media (MPM) & Yayasan TIFA • Cetakan: Januari, 2010 • Tebal: 210 halaman • ISBN: 979979838-8

Kemampuan literasi (melek) media merupakan kebutuhan krusial pada era komunikasi saat ini mengingat tingginya terpaan siaran televisi dalam kehidupan sehari-hari, terutama terhadap anak-anak dan remaja. Sadar atau tidak, tayangan televisi berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Di satu sisi, televisi diakui telah mewujudkan fungsinya bagi kepentingan publik. Namun, limpahan produknya dinilai berpotensi menyesatkan publik.

Literasi media merupakan gerakan membangun kesadaran dan kemampuan publik untuk mengendalikan penggunaan media. Dengan melek media, masyarakat dapat melakukan konsumsi terhadap isi media secara kritis dan cerdas. Berangkat dari pemahaman ini, Masyarakat Peduli Media (MPM) didukung oleh Yayasan TIFA bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan literasi media.

Buku ini disusun sebagai eksposisi atas pengalaman pendampingan literasi media di kalangan ibu rumah tangga di lima desa/kelurahan di DIY

3 responses to “Melek Televisi Bagi Ibu Rumah Tangga

  1. Aristiana P Rahayu

    Buku ini saya rasa akan sangat bermanfaat bagi upaya literasi serupa di daerah lain. Saya ingin sekali mendapatkan buku ini segera. Mohon bantuan dan informasinya. Terima kasih.

  2. cari buku ini dimana y?,khusunya wilayah jakarta,ada di toko buku mana?
    tlg di reply,thx b4.

  3. hm-hm… saya di yogyakarta
    saya dan istri sudah delapan tahun tidak menonton televisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s