Membangkitkan Minat Baca Lewat Taman Bacaan Masyarakat

Usaha untuk meningkatkan minat baca masyarakat tidak pernah hilang, salah satunya dengan menyediakan taman bacaan masyarakat. Kalau biasanya dibuat di perkampungan, di Banten, taman bacaan masyarakat ini dibangun di pasar atau pusat belanja, tempat yang sering dikunjungi masyarakat.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada Minggu (2/5), Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah meresmikan sebuah taman bacaan masyarakat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Provinsi Banten.

Tahun ini, Serang memang menjadi satu di antara tiga kota di Indonesia yang ditunjuk menjadi tempat peluncuran program TBM@Mall, yakni taman bacaan masyarakat di mal atau pusat perbelanjaan. Dua kota lainnya adalah Jakarta dan Makassar.

Sesaat setelah membuka secara resmi gerai TBM@Mall tersebut, Atut sempat bercengkerama dengan Naila, seorang bocah perempuan dari pendidikan anak usia dini Al Kautsar yang sejak pagi sudah duduk di dekat rak buku. Rak buku TBM@Mall itu berada di dekat pintu masuk.

”Sedang apa Nak?” tanya Atut sambil menunduk untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian badan si bocah. ”Sedang membaca,” kata Naila.

Dikerumuni para pejabat dan undangan yang hadir dalam peluncuran TBM@Mall itu, Naila didaulat membaca buku cerita anak yang barusan diambilnya dari rak. Tema buku yang dibacanya itu tentang seorang anak yang senang berkata benar.

Suara bening bocah perempuan yang sedang membaca larik kisah itu tak pelak kian menambah panjang kerumunan warga yang sedang belanja untuk menengok ke gerai TBM@Mall.

Dengan lantai beralas gabus warna-warni, rak buku berwarna cerah, dan pencahayaan ruang yang terang, gerai TBM@Mall menjadi tempat membaca yang nyaman. Ini bisa menjadi alternatif tempat menunggu bagi anak ketika orangtuanya sedang berbelanja.

”Asyik juga ada tempat membaca ini, jadi bisa baca-baca sambil nunggu istri selesai belanja,” tutur Rian, warga Serang. Namun, dia kemudian beranjak keluar ketika melihat buku-buku yang dipajang di rak kebanyakan buku anak-anak.

Pendiri Rumah Dunia, sebuah lini sosial Yayasan Pena Dunia, Heri Hendrayana, atau yang dikenal dengan nama pena Gola Gong, menuturkan, secara bertahap koleksi buku di TBM@Mall tersebut akan ditambah. ”Kami pun membuka kesempatan bagi warga yang ingin menyumbangkan buku ke sini,” kata Gola Gong.

Rumah Dunia dipercaya menyelenggarakan program TBM@Mall di Kota Serang karena selama ini dinilai berhasil dalam mengelola dan bahkan menjadi model rujukan pengelolaan TBM.

Gola Gong menuturkan, sasaran program TBM@Mall ini terutama kalangan generasi muda, yakni untuk menumbuhkan secara dini budaya membaca mereka sebagai penyeimbang di tengah budaya konsumerisme.

Selain sebagai tempat membaca, kata Gola Gong, TBM@Mall juga akan dimanfaatkan untuk menggelar aktivitas yang bisa merangsang pemikiran. Melalui kegiatan lomba menggambar atau mewarnai buat anak-anak hingga diskusi dan bedah buku.

Dengan pengelolaan semacam ini, TBM@Mall diikhtiarkan untuk tidak berhenti sebagai book corner atau sudut baca dengan rak bukunya yang statis, tetapi juga sebagai wahana berkegiatan yang dinamis.

Gola Gong yang juga menjabat Ketua Umum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia ini mengungkapkan, pemerintah memberikan dana stimulan bagi penyelenggara TBM@Mall ini senilai Rp 70 juta. Dana itu dipakai untuk membiayai operasional TBM@Mall setahun.

Corporate Affair Director Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman mengatakan, pengembangan sumber daya manusia harus dimulai sejak dini. ”Kami melihat program TBM@Mall ini ide yang kreatif. Ketika ibunya belanja, anaknya bisa belajar dengan membaca-baca buku,” kata Irawan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Eko Endang Koswara berharap program ini dapat meningkatkan minat baca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s