Cara Menghitung Biaya Pendidikan Sekolah Ke Luar Negeri Australia

Sebelum mengirim putra atau putri belajar ke Australia, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan secara matang, yaitu keuangan. Bagaimanapun juga, masalah biaya ikut berperan dalam sukses tidaknya seseorang dalam menuntut ilmu di luar negeri. Apalagi, kini nilai dollar Australia kian menanjak, hampir mendekati dollar AS.

Masalah biaya ini perlu disiapkan secara matang karena banyak pengalaman orangtua Indonesia yang terpaksa memanggil pulang putra-putrinya dari Australia gara-gara ketiadaan biaya. Hal ini banyak terjadi pada saat krisis ekonomi tahun 1998.

Untuk mempermudah perencanaan keuangan, berikut disajikan perhitungan biaya hidup dan biaya sekolah di Australia. Memang, biaya sekolah di Australia amat bervariasi, tergantung dari tingkat dan program yang dipilih serta universitas tujuan yang dipilih.

Bagi siswa atau calon mahasiswa yang harus mengikuti tambahan pendidikan bahasa Inggris agar kemampuannya setara dengan tuntutan English Language Intensive Courses for Overseas Students (ELICOS), harus mengeluarkan biaya tambahan antara 250 dollar dan 350 dollar Australia per minggu.

Biaya Hidup di Australia

Biaya hidup di Australia amat tergantung dari kota tujuan dan pilihan gaya hidup masing-masing siswa. Meski demikian, secara garis besar, besar biaya yang diperkirakan harus dikeluarkan antara 1.200 dollar dan 1.700 dollar Australia per bulan. Jumlah itu sudah termasuk biaya tempat tinggal, makan, dan transportasi. Khusus untuk makan, pengeluaran akan lebih sedikit bila mau sedikit bersusah- susah dengan memasak sendiri. Biaya itu adalah perhitungan yang wajar untuk gaya hidup wajar sebagai mahasiswa, tidak banyak berhura-hura dan berbelanja.

Tempat tinggal, akomodasi

Untuk tempat tinggal, para siswa dan mahasiswa hanya mempunyai dua pilihan, yakni tinggal di dalam kampus (asrama) atau di luar kampus. Di Australia, banyak sekolah menengah swasta yang menyediakan fasilitas asrama di dalam areal kampus. Ada asrama yang juga menyediakan makan, ada pula yang menyediakan fasilitas dapur sehingga siswa bisa memasak sendiri.

Adapun untuk tempat tinggal di luar kampus, tersedia homestay, menyewa apartemen atau sewa kamar (kos). Homestay adalah tinggal bersama dengan keluarga Australia dan biasanya sudah termasuk makan. Sementara itu, menyewa apartemen atau kamar hanya diperbolehkan bagi siswa yang sudah cukup dewasa. Penyewaan kamar (kos) ini biasanya tidak termasuk makan.

Asuransi kesehatan

Selain itu, para siswa-siswi dan mahasiswa disyaratkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Dan keharusan untuk memiliki asuransi kesehatan ini berlaku bagi seluruh siswa dan mahasiswa asing yang akan belajar di Australia. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin biaya-biaya yang muncul bila siswa-siswi atau mahasiswa jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi kesehatan bagi siswa-siswi dan mahasiswa asing ini disebut Overseas Student Health Cover (OSHC). Biaya premi OSHC sekitar 390 dollar Australia per tahun. Seperti asuransi kesehatan yang lain, OSHC tidak mencakup pemeriksaan mata dan gigi.

Anita L Sutandya Konsultan pendidikan dari Anindo Dutabhuana, Jakarta

4 responses to “Cara Menghitung Biaya Pendidikan Sekolah Ke Luar Negeri Australia

  1. mau tanya,
    *bisa jelasin gimana cara dapetin beasiswa kuliah di australia?terus syarat”nya?thanks before:)

  2. pertanyaan sya hmpir sma dngan Amanda.
    bgaimana caranya dpetin beasiswa kuliah di australia..
    pa syrat nya?

  3. Saya mau informasi yg lebih spesifik lagi mngenai beasiswa kuliah di Australia. Terima kasih..:)

  4. ada g sih sekolah ambil jurusan perawat tapi yg bachelor,trus supaya dpt beasiswanya juga,thanks before….bye.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s