Perth … Ini Indonesia Atau Australia ?

Anda pernah ke Perth? Di kawasan seluas 5.386 kilometer persegi ini, banyak tempat yang mirip di Indonesia. Meski bahasa resmi adalah bahasa Inggris, tetapi di beberapa tempat akan sering terdengar orang berbicara dengan bahasa Indonesia. Keadaan ini sering membuat kita bertanya-tanya, ”Kita sedang berada di Australia atau di Indonesia?” Hal itu bisa terjadi karena banyaknya warga Indonesia yang berada di sana. Mereka ada yang datang untuk belajar, tetapi juga ada yang pindah dari Indonesia karena mendapatkan PR (permanent resident)

Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat. Meski bukan kota terbesar, Australia Barat termasuk kota terbesar keempat di Australia. Kota Perth sendiri terletak di pantai barat. Semula Perth adalah ibu kota koloni Sungai Swan yang berdiri tahun 1829. Pada tahun 1850, Perth sempat dijadikan tempat penampungan narapidana untuk dipekerjakan. Nama Perth sendiri berasal dari Perthshire.

Banyaknya orang Indonesia tinggal di Perth membuat banyak perusahaan penerbangan membuka jalur ”khusus” dari Perth ke Indonesia, entah melalui Denpasar atau langsung ke Jakarta. Selain perusahaan penerbangan Garuda, AirAsia juga mulai membuka jalur Perth–Denpasar, Jakarta. Tak ketinggalan perusahaan penerbangan dari Australia, Jetstar, juga membuka jalur yang sama.

Sebagai bandar udara internasional, Bandar Udara Perth terletak di sebelah selatan Guildford, Australia Barat, dan merupakan bandara komersial utama di wilayah itu.

Sebagai bandara internasional, Bandar Udara Perth termasuk lapangan udara tersibuk keempat di Australia. Letaknya di sebelah barat membuat Bandara Perth memiliki peran strategis karena melayani banyak rute dari Australia ke Asia; Samudra Hindia dan Johannesburg, Afrika Selatan; dan Dubai, Uni Emirat Arab.

Jarak antara bandara internasional dengan kota Perth adalah 17 kilometer. Adapun jarak dua terminal domestik yang berdampingan dengan bandara internasional dengan kota Perth adalah 12 kilometer. Jadi, terminal 1 adalah terminal internasional yang melayani rute penerbangan internasional. Terminal 2 untuk penerbangan domestik khusus buat Qantas, Jetstar, dan QantasLink. Adapun terminal 3 yang dulu dikenal dengan Terminal Ansett (perusahaan penerbangan ini sudah tidak beroperasi) kini digunakan oleh sejumlah perusahaan penerbangan, seperti Virgin Blue (termasuk menuju Denpasar-Bali), Tiger Airways, Alliance Airlines, dan sebagainya.

One response to “Perth … Ini Indonesia Atau Australia ?

  1. Download Kumpulan Contoh Makalah Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s