Komite Sekolah Imbangi Dominasi Kepala Sekolah

Pengawasan penyusunan dan penggunaan anggaran sekolah seharusnya menjadi tanggung jawab orangtua siswa dan komite sekolah untuk memastikan tidak ada penyelewengan. Namun, fungsi pengawasan orangtua dan komite sekolah kerap tidak berjalan optimal karena peran kepala sekolah yang dominan.

”Dominasi kepala sekolah harus bisa diimbangi kekuatan peran orangtua dan komite sekolah. Jadi, yang harus diperbaiki bukan hanya akuntabilitas dan tata kelola anggaran,” kata Ade Irawan dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam seminar ”Akuntabilitas Sekolah: Solusi Alternatif untuk Menjamin Akses Siswa Miskin terhadap Pendidikan Dasar Bermutu”, Rabu (12/5) di Jakarta.

Bahkan, Ade menilai, komite sekolah justru kerap menjadi perpanjangan tangan dan memperkuat posisi kepala sekolah yang bisa membuat semua kebijakan, termasuk anggaran sekolah. Akibatnya, komite sekolah hanya bertugas mencari uang dari orangtua untuk sekolah.

Direktur Eksekutif Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Ilham Cendekia Srimarga mengatakan, perlu ada mekanisme akuntabilitas untuk menjamin akses terhadap pendidikan gratis bagi siswa miskin. Salah satu aspek terpenting adalah pengawasan terhadap pengelolaan dana sekolah.

Apabila pengawasan lemah, sudah pasti ada kebocoran anggaran, alokasi yang tidak tepat, dan penggelembungan biaya. Akibatnya, penggunaan anggaran tidak efisien dan berapa pun anggaran yang dialokasikan tidak akan pernah cukup.

Anggota Komisi X DPR, Hetifah Siswanda, meminta masyarakat untuk selalu mengingatkan pemerintah dan ikut mengawasi kebijakan-kebijakan publik, terutama kebijakan soal pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s