Indonesia Kembali Menjadi Juara Kompetisi Matematika Internasional

Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menjuarai kompetisi Matematika internasional tingkat mahasiswa di Bulgaria. Pada ajang International Mathematics Competition itu, mereka mengungguli 329 peserta dari 30 negara.

Juara pertama International Mathematics Competition (IMC) XVII untuk mahasiswa tersebut diraih Albert Gunawan (22) asal Temanggung, Jawa Tengah. Juara kedua diraih Made Tantrawan (19) asal Bali.

Ketua Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Gadjah Mada, yang juga Presiden dari Indonesian Mathematical Society (IndoMS), Widodo mengatakan, prestasi sebagai juara pertama di ajang IMC baru pertama kali diraih Indonesia. ”Prestasi ini sangat membanggakan. Indonesia sudah ikut ajang prestisius itu sejak tahun 2003, tetapi baru sekarang menang,” katanya di Yogyakarta, Selasa (3/8).

Albert, yang telah empat kali mengikuti ajang itu, menuturkan, pada kompetisi itu, para peserta diberi dua set soal untuk dikerjakan selama dua hari dengan waktu pengerjaan lima jam untuk masing-masing set. Soal-soal yang diberikan belum pernah ditemui dalam referensi Matematika sebelumnya. ”Saingan terberat adalah mahasiswa-mahasiswa dari Rusia, Iran, Ukraina, dan Amerika Serikat. Mereka dikenal sangat pandai memecahkan persoalan Matematika,” katanya.

Olimpiade Matematika

Secara terpisah di Surabaya, peraih medali emas dalam International World Youth Mathematics Intercity Competition (IWYMIC), Peter Tirtowijoyo Young, menargetkan medali emas dalam International Mathematics Olympiade (IMO). Harapan itu bisa diupayakan karena Peter saat ini masih kelas III SMP.

”Saat ini belum ada siswa SMA dari Indonesia yang mendapat medali emas IMO. Mudah-mudahan nanti saya bisa ikut,” tutur Peter, yang bersama adiknya, Andrew Tirtowijoyo, Selasa, disambut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun.

Dalam IWYMIC di Incheon, Korea Selatan, 25-29 Juli, Peter meraih medali emas untuk kategori individu serta perunggu untuk kategori tim dan grup. Adapun Andrew yang saat berlomba mewakili siswa SD, mendapatkan medali perunggu untuk kategori individu, tim, dan grup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s