Buku Baru: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Wae Rebo, Dusun Internasional

• Judul: Pesan dari Wae Rebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara
• Penyunting: Yori Antar
• Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010
• Tebal: 290 halaman
ISBN: 978-979-22-5914-8

Wae Rebo adalah satu-satunya kampung adat tradisional yang masih tersisa dari budaya Manggarai. Dalam usia sekitar 1.080 tahun, memasuki generasi ke 18, keasliannya masih tertata rapi. Terletak di Kabupaten Manggarai, NTT, kawasan ini lebih akrab dengan wisatawan asing. Statistik kunjungan menunjukkan, dalam delapan tahun terakhir, hanya 15 warga Indonesia yang singgah dari seluruhnya 480 tamu.

Leluhur Wae Rebo mewariskan tujuh buah rumah adat. Berada di puncak bukit, bentuknya yang bundar memungkinkan untuk menikmati seluruh penjuru angin. Pemilinan tali ikatan dan penyusunannya mencerminkan saling ketergantungan antara manusia dan alamnya. Dari jumlah itu, hanya empat bangunan yang masih utuh dan kokoh.

Keprihatinan terhadap aset budaya yang terabaikan menggugah sekelompok arsitek muda merintis program Rumah Asuh. Dana yang terkumpul kemudian disalurkan kepada masyarakat setempat untuk membangun kembali rumah itu mendekati aslinya.

Publikasi ini merekam perjalanan pencarian lokasi yang terpencil, perkenalan yang berujung pada tekad melestarikan warisan nenek moyang dan langkah mewujudkannya. Adalah Yayasan Tirto Utomo yang memberikan tanggapan positif terhadap niat tersebut. Proses pengumpulan material dan rekonstruksinya diabadikan dan kemudian dipamerkan di Pusat Informasi dan Perpustakaan Wae Rebo yang didirikan bersamaan dengan proyek pembangunan rumah adat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s