Diskusi Buku: Malaysia Masa Depan Indonesia

Kolumnis asal Malaysia, Karim Raslan, menyatakan bahwa pelaku bisnis dan politisi di negaranya mulai menyadari bahwa Indonesia adalah masa depan Malaysia. Oleh karena itu, mereka mulai mengubah pandangannya terhadap Indonesia dengan mengekspor barang murah selundupan ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Karim Raslan dalam diskusi bukunya berjudul Ceritalah Indonesia, Jumat (15/10) malam di Yayasan Umar Kayam, Yogyakarta. Dalam diskusi, para peserta lebih banyak menanyakan pandangan Karim Raslan dan masyarakat Malaysia pada umumnya terhadap Indonesia. ”Banyak orang bisnis sadar bahwa negara yang punya potensi adalah negara besar. Makanya mereka merasa harus melihat Indonesia,” katanya.

Selain kalangan bisnis, kata dia, politisi di Malaysia juga menganggap penting hubungan dengan Indonesia. Ia berpendapat Indonesia adalah pentas penting bagi para politisi Malaysia. Hal itu bisa dilihat dari seringnya tokoh oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, berkunjung ke Indonesia. ”Kedekatan hubungan Anwar dengan tokoh penting di Indonesia membuat dia mengalahkan politisi lain,” katanya.

Buku yang didiskusikan ini berisi esai-esai Karim yang telah diterbitkan di sejumlah media, baik media di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Pengajar Jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada, Budiawan, yang menjadi pembahas buku, menyatakan, Karim adalah sosok warga negara diaspora. Ia bisa menulis esai yang kritis tentang negerinya sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s