Buku Baru: Biografi Oprah Winfrey

• Judul: Oprah: A Biography • Penulis: Kitty Kelley • Penerbit: Crown Publishers, 2010 • Tebal: xiv +524 halaman • ISBN: 978-0-307-39486-6

Oprah Winfrey dikenal publik lewat Oprah Winfrey Show. Oprah selalu tampil cerdas, penuh perhatian, serta memesona penonton dalam setiap wawancara yang dilakukannya.

Kelley mengatakan, ia mendekati subyeknya ini dengan sikap hormat. Penulis hendak mengungkap kebenaran dan meyakini Oprah hanya manusia biasa dengan kelebihan dan kekurangannya. Meski demikian, Lisa Halliday, juru bicara Oprah, menyatakan bahwa Oprah tidak berpartisipasi ataupun membaca buku Kitty Kelley. Penulis melakukan penelusuran mendalam disertai wawancara dengan puluhan rekan, ataupun keluarga Oprah. Dia menemukan sisi lain dari seorang pribadi yang dikenal memesona bahkan dikagumi oleh masyarakat di dunia.

Kelley mengungkapkan bagaimana Oprah ditakuti oleh rekan-rekannya di Harpo, bahkan oleh keluarganya. Juga dikisahkan hubungan Oprah dengan banyak pihak, seperti dengan orangtua, Gayle King, Stedman Graham, dan lainnya. Oprah disebut lebih sebagai ”ATM” dalam setiap hubungan karena sering kali ia memberi tanpa afeksi. Contohnya ketika ia memberi hadiah mobil Mercedes terbaru kepada orangtuanya. Oprah juga disebut sebagai pribadi yang senang memegang kendali atas segala sesuatu. Salah satu yang disebut Kitty adalah Oprah melakukan perjanjian tanda kerahasiaan dengan karyawan di mana mereka dilarang memberi komentar negatif tentang dirinya dan mencuri dengar pembicaraan Oprah.

Terkait masa remaja Oprah, Kelly mengaku menemukan fakta bahwa pelecehan seksual yang disebut Oprah sebagai bagian masa lalu yang pahit sesungguhnya kisah yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

One response to “Buku Baru: Biografi Oprah Winfrey

  1. Ya memang benar.. dari yang saya baca di buku tersebut, Oprah menyembunyikan banyak rahasia dibalik sosok tegar nya kita ketahui. Benar atau tidak nya, hanya Tuhan lah yang tau, yang pasti buku ini menampilkan sisi Oprah yang tidak se ‘confident’ yang biasa ditampilkan di Oprah Winfrey show.

    Mau baca? Jangan beli.. mahal! Sewa aja dari Bookathon.. hanya beberapa ribu rupiah saja untuk 2 minggu!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s