Isu Jender Sebagai Pendidikan Sosial Perlu Diintegrasikan ke Kurikulum

Permasalahan jender, hak asasi manusia, seksualitas, dan kesehatan reproduksi kurang terintegrasi dalam kurikulum pendidikan. Padahal, topik-topik itu sangat mendasar dan terkait dengan banyak masalah sosial.

Untuk itu, Yayasan Jurnal Perempuan dengan dukungan Ford Foundation menerbitkan 29 modul Program Integrasi Jender, Seksualitas, Kesehatan Reproduksi, dan HAM dalam kurikulum perguruan tinggi.

Topik-topik itu diintegrasikan ke 29 mata kuliah yang disusun dan diujicobakan oleh pengajar di tiga perguruan tinggi, yakni Institut Kesenian Jakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), terutama mata kuliah terkait bidang komunikasi dan seni rupa.

”Modul itu bertujuan agar generasi muda memahami persoalan tersebut,” ujar Direktur Eksekutif Yayasan Jurnal Perempuan Mariana Amiruddin dalam peluncuran modul itu, Jumat (25/3). Hambatan mengintegrasikan masalah jender, seksualitas, kesehatan reproduksi, dan HAM antara lain kecurigaan dan ketabuan untuk terbuka membahas hal-hal tersebut.

Menurut dia, institusi pendidikan merupakan pabrik pengetahuan. Mahasiswa seharusnya diperlengkapi dengan cara berpikir yang toleran, manusiawi, tak melecehkan perempuan, dan memahami kesehatan reproduksi agar dapat lebih bertanggung jawab.

Perspektif itu diintegrasikan, antara lain, dalam mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar, Pengantar Sosiologi, Estetika, Dasar-dasar Jurnalisme, dan Psikologi Khalayak. Dalam modul Pengantar Dasar Seni Rupa, mahasiswa diharapkan mengerti konsep dan lingkup fungsi seni dan dapat mengapresiasi serta menceritakan kembali karya-karya seni rupa dengan perspektif HAM dan jender.

Salah satu penyusun modul, dosen komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Dina Listiorini, mengatakan, representasi masalah jender dan seksualitas agak kacau ketika muncul di media sehingga kadang menjadi pengetahuan yang keliru. Pengetahuan yang keliru itu dapat dibenahi di bangku pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s