Perpustakaan Super Megah Akan Dibangun Di Ciniki

Untuk meningkatkan minat baca warga, pemprov DKI Jakarta berencana membangun perpustakaan berstandar internasional dengan konsep green building.

Gedung Arsip Jayakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM) akan disulap menjadi gedung perpustakaan tersebut dengan dana pembangunan sebesar Rp19 miliar.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta, Maman Achdiyat, mengharapkan agar warga bisa memanfaatkanya dengan baik. “Pembangunannya dimulai awal tahun depan,”katanya, kemarin.

Selanjutnya, kata Maman, pihaknya juga akan mengembangkan pendirian perpustakaan di tiap kecamatand an kelurahan. “Ini sesuai dengan Undang-Undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Saat ini, kita sudah memiliki perpustakaan tingkat kotamadya yang sedang mengarah ke standar internasional. Namun kita belum punya perpustakaan tingkat provinsi berstandar internasional,” ujar Maman.

Gedung Arsip Jayakarta, menurut Maman, sangat cocok dengan kriteria perpustakaan berstandar internasional dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan (Unesco), antara lain merupakan gedung mandiri dan strategis.
”Cikini merupakan kawasan yang strategis. Karena termasuk kawasan wisata budaya, ada perguruan tinggi, planetarium, dan gedung teater. Kemudian ditambah lagi perpustakaan berstandar internasional yang akan menjadi sarana rekreasi edukasi sekaligus wahana pembelajaran sepanjang hayat,” ujarnya.

Saat ini, Gedung Arsip Jayakarta masih digunakan sebagai kantor BPAD DKI Jakarta. Dengan dijadikannya sebagai perpustakaan provinsi, maka aktivitas perkantoran BPAD DKI akan dipindah ke gedung Depo Arsip Daerah di Jalan Perintis Kemerdekaan No 1, Jakarta Timur.

Pembangunan gedung perpustakaan provinsi berstandar internasional ini telah direncanakan sejak tahun 2010 dengan melakukan kajian analisis. Setelah kajian analisisnya rampung, dilanjutkan detail disain konstruksi yang diharapkan dapat selesai akhir tahun ini.

”Ditargetkan rehab berat gedung ini tuntas pada akhir tahun 2012, sehingga bisa dibuka untuk umum mulai awal 2013,” tuturnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s