Ringkasan Cerita 9 Film Nominasi Oscar

Layar perak sepanjang 2011 dipenuhi dengan film-film berkualitas. Namun hanya ada 9 judul film yang bersaing untuk memperebutkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik. Apa saja?

‘The Artist’

‘The Artist’ adalah film romansa Prancis yang telah dirilis 15 Mei 2011. Latar cerita terjadi di Hollywood antara kurun waktu 1927 dan 1932 dan berfokus pada aktor yang popularitasnya menurun, dan aktris yang sedang naik daun.

Film bisu yang disutradarai Michel Hazanavicius ini mendapat tiga penghargaan Golden Globe 2012, serta merajai BAFTA Awards 2012 dengan 7 piala.

‘The Descendants’

‘The Descendants’ dinobatkan sebagai Film Drama Terbaik di ajang Golden Globe 2012. Film yang disutradarai oleh Alexander Payne ini juga berhasil mengantarkan sang bintang utama George Clooney meraih penghargaan Aktor Terbaik di ajang yang sama.

‘Extremely Loud & Incredibly Close’

Film karya sutradara Stephen Daldry ini diangkat dari novel Jonathan Safran dengan judul yang sama. Bercerita tentang seorang anak berusia 9 tahun, Francophile yang melakukan petualangan di kota New York untuk memecahkan teka-teki. Teka-teki tersebut berhubungan dengan kunci misterius yang ditinggalkan oleh ayahnya, yang meninggal pada tragedi World Trade Center 11 September 2001.

‘The Help’

Film garapan Tate Taylor ini bercerita tentang seorang perempuan kulit putih bernama Eugenia ‘Skeeter’ Phelan, dan hubungannya dengan dua pekerja rumah tangga berkulit hitam selama era Hak-hak Sipil Amerika di awal 1960. Skeeter adalah wartawan yang menulis buku kontroversial dari sudut pandang pembantu, mengekspos rasisme yang mereka hadapi saat bekerja untuk keluarga berkulit putih.

‘Hugo’

‘Hugo’ adalah film petualangan fantasi yang terjadi di stasiun kereta api Paris pada awal 1930-an. Hugo Cabret adalah seorang anak muda yang ibunya telah meninggal dan tinggal bersama ayahnya, seorang ahli pembuat jam, yang membawanya untuk melihat film dan mencintai film-film George Melies.

Film garapan Martin Scorsese ini meraih nominasi terbanyak di ajang Academy Awards 2011. ‘Hugo’ diadaptasi dari novel ‘The Invention of Hugo Cabret’ karya Brian Selznick.

‘Midnight in Paris’

‘Midnight in Paris’ adalah film komedi romantis yang ditulis dan disutradarai oleh Woody Allen. Plot berpusat pada pasangan kekasih dan keluarganya dari Amerika yang tengah mengunjungi ibukota Prancis untuk bisnis dan sekaligus liburan.

‘Moneyball’

‘Moneyball’ film drama biografi olahraga yang disutradarai oleh Bennett Miller. Film ini diadaptasi dari buku Michael Lewis dengan judul yang sama, seorang akuntan tim bisbol Oakland Athletics pada 2002.

Dikisahkan, Beane (Brad Pitt) dan asisten GM Peter Merek (Jonah Hill) menghadapi situasi keuangan yang tidak menguntungkan. Mereka kemudian mengambil pendekatan dalam menganalisis pemain, memperoleh pitcher Chad Bradford (Casey Bond) dan mantan catcher Scott Hatteberg (Chris Pratt), dan memenangkan 20 pertandingan berturut-turut, sebuah rekor Liga Amerika.

‘The Tree of Life’

‘The Tree of Life’ disutradarai oleh Terrence Malick dan dibintangi aktor Brad Pitt dan Sean Penn. Film ini merupakan film drama yang dibumbui elemen sureal dan fiksi ilmiah, menampilkan perjalanan tokoh bernama Jack yang mencari arti kehidupan.

‘War Horse’

‘War Horse’ diangkat dari novel karya Michael Morpurgo dengan judul yang sama. Sutradara Steven Spielberg sengaja menonjolkan persahabatan Irvine dengan kudanya di tengah-tengah Perang Dunia I. Untuk menggarap film ini, Spielberg bekerja sama dengan produser Kathleen Kennedy. Naskah film ditulis oleh Lee Hall dan Richard Curtis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s