Ratusan Siswa SMA Pahlawan Mandi Kembang Sebagai Tanda Syukur Lulus UN Ujian Nasional

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Sekolah Menengah Atas Pahlawan di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Sabtu, 26 Mei 2012, melakukan ritual khusus merayakan kelulusan siswanya dalam ujian nasional.

Setelah diumumkan hasil ujian nasional, secara serentak sebanyak 154 siswa sekolah tersebut menggelar acara mandi kembang di halaman sekolah. “Ya, semacam selamatan atau tasyakuran. Tahun ini, siswa kami lulus seratus persen,” kata Wakil Kepala SMA Pahlawan Ninik Wahyuni.

Wahyuni mengakui bahwa selama ini SMA Pahlawan Jember dikenal sebagai sekolah tempat siswa-siswa nakal dan setiap tahun ada saja yang tidak lulus. Selain sebagai bentuk ruwatan, mandi kembang juga bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan siswa melakukan aksi mencoret baju seragam sekolah mereka.

Namun kenyataannya, setelah ritual mandi kembang usai, siswa berhamburan dan langsung saling mencoret dan mengecat baju. Memang yang dicoret bukan pakaian seragam sekolah, melainkan baju lain yang sengaja telah disiapkan dari rumah.

Aksi corat-coret pakaian seragam dilakukan di luar pagar sekolah, yakni di Jalan Raya Situbondo-Jember. Aksi corat-coret dilakukan sambil menunggu rombongan konvoi yang datang dari sekolah lain. “Sekarang kita bebas dan puas,” kata salah seorang siswa, Abdul.

Tak lama berselang, mereka pun bergabung dengan ratusan siswa sekolah lain yang datang dengan sepeda motor masing-masing. Aksi konvoi pun berlangsung. Akibatnya, terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Aparat kepolisian yang dikerahkan terpaksa menggiring mereka menuju arah selatan Kota Jember, yakni kawasan Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s