Semua Siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Halmahera Tidak Lulus Ujian Nasional UN

Para siswa di sebuah sekolah menengah atas di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, dipastikan 100 persen tidak lulus ujian nasional yang digelar tanggal 16-19 April lalu. Hal ini lantaran nilai kelulusan yang dicapai sekolah tersebut tidak mencapai nilai ketetapan nasional.

Menurut Ubait H. Yakub, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Halmahera Timur, satu sekolah yang tidak lulus ujian nasional adalah Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan, di mana siswanya tidak mencapai sepuluh orang. “Yang pasti ada satu (sekolah),” kata Ubait yang dihubungi Tempo, Sabtu, 26 Mei 2012

Ubait mengatakan, secara umum, angka kelulusan ujian nasional di Halmahera Timur sangatlah memuaskan, yaitu mencapai lebih dari 95 persen. Namun pihaknya tidak mengetahui angka pasti jumlah siswa yang lulus.

“Yang pasti ada satu sekolah yang tidak lulus, tapi lebih rinci, saya belum menerima laporan karena saya di luar daerah, jadi hubungi saja sekretaris dinas saya,” kata Ubait.

Sementara itu, Iwan Rayatu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Halmahera Timur, ketika dihubungi Tempo enggan memberikan tanggapan. Sebelumnya pesan pendek yang dikirimkan pun tak kunjung mendapatkan balasan.

Secara umum, angka kelulusan ujian nasional di Maluku Utara hanya mencapai 98 persen. Menurut Ketua Panitia Ujian Nasional Maluku Utara Imran Yakub, jumlah siswa yang tidak lulus ujian nasional di Maluku Utara mencapai 166 siswa, sementara tahun lalu hanya 94 siswa. “Jadi angka kelulusan tahun ini turun dari sebelumnya,” kata Imran kepada wartawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s