Novel Dewasa Tentang Seks dan Kekerasan Beredar Di Perpustakaan SD Hasil Proyek DAK Provinsi Jabar

Novel kategori dewasa yang dinilai tidak layak dibaca anak-anak, ditemukan di perpustakaan SD Cempaka Arum. Dua novel yang ditemukan berjudul ‘Tambelo’ dan ‘Tidak Hilang Sebuah Nama’.

Novel tersebut lebih banyak berisi cerita kekerasan dan seksual. Bukan hanya tak pantas dibaca siswa SD, novel itu juga dinilai tak layak dibaca siswa SMP dan SMA.

“Novel-novel ini lebih pantas dibaca orang dewasa atau 18 tahun ke atas,” kata Ketua DPD Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Jabar Achmad Taufan dalam konferensi pers di Sekretariat Koalisi Pendidikan Kota Bandung, Jalan Kiliningan, Jumat (8/6/2012).

Novel itu ditemukan hari ini dan disinyalir juga terdapat di SD lain se-Jabar. Kronologi penemuan itu diawali setelah kemarin pihaknya mendapat instruksi dari Disdik Kota Bandung untuk mengecek keberadaan buku yang merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Jabar.

“Tadi saya tugaskan petugas perpustakaan untuk mengecek buku bantuan tersebut. Hasilnya ditemukan dua buku itu,” kata Achmad yang juga kepala sekolah SD Cempaka Arum.

Setelah mengetahui novel itu ternyata tak pantas dibaca, novel langsung ditarik dari perpustakaan agar tak dibaca siswa. Namun belum diketahui apakah buku serupa ada di sekolah lain atau tidak.

Dijelaskan Achmad, buku itu merupakan proyek bagian dari DAK Provinsi Jabar yang dibagikan pada Maret lalu. Ada beberapa buku yang diberikan kepada SD dengan jumlah lima eksemplar untuk setiap judul buku.

“Yang masuk ke sekolah kami, saya kurang tahu jumlahnya. Tapi yang jelas tidak kurang dari lima eskemplar tiap bukunya,” tuturnya.

Berikut ini novel yang dinilai tidak layak dibaca siswa:
1. Tambelo, Kembalinya Si Burung Camar
Pengarang: Redhite Kurniawan
Penerbit: PT Era Adicitra Intermedia, cetakan 2008

2. Tidak Hilang Sebuah Nama
Pengarang: Galang Lutfiyanto
Penerbit: PT Era Adicitra Intermedia, cetakan 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s