Pelajar SMU Pulang Sekolah Habiskan Waktu Nongkrong Di 7 Eleven

Siang begitu terik di Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Lalu lintas tampak padat. Angkutan umum dan kendaraan pribadi berlalu lalang silih berganti. Sebagian memarkirkan kendaraan ke halaman pertokoan dan perkantoran. Puluhan pelajar yang mengenakan seragam batik serta celana atau rok putih tampak memenuhi ruas jalan tersebut, Kamis (17/10) sekitar pukul 13:30 WIB. Pelajar pria berkumpul dan berdiri di trotoar jalan terlihat saling bercanda. Beberapa di antara mereka tampak asyik menghisap rokok dan minum bir. Di bagian lain sejumlah pelajar laki-laki yang mengendarai sepeda motor tampak berlalu-lalang dengan membonceng teman wanitanya. Tanpa menggunakan pengaman kepala atau helm.

Sementara belasan pelajar wanita terlihat memenuhi minimarket 7 Eleven dan Lawson yang terletak berhadapan di kawasan tersebut. Empat meja dengan empat kursi setiap meja terisi penuh oleh para pelajar sembari menikmati minuman dingin. Sedangkan sebagian lainnya jarinya terlihat sibuk memainkan telepon genggam.

Berdasarkan penelusuran, beberapa pelajar mengaku sedang menunggu jemputan atau angkutan selepas pulang sekolah. Namun, hingga hampir satu jam berada di lokasi tersebut mereka masih pada posisi dan aktivitasnya. Hanya ada satu atau dua pelajar yang naik ke angkutan umum. Nia (14) salah satu pelajar yang sedang nongkrong di 7 Eleven menuturkan ia tidak langsung pulang ke rumah sehabis sekolah sebab ingin kongko terlebih dahulu bersama teman-temannya.

“Kalau langsung pulang, di rumah paling juga cuma nonton TV dan acaranya pada nggak mutu. Mending nongkrong dulu bentar,” ucapnya. Kendati demikian, Nia menegaskan bahwa sehabis nongkrong di tempat tersebut ia langsung pulang dan tidak jalan-jalan lagi ke tempat lain. “Habis ini juga langsung pulang, di sini cuma iseng doang,” ujarnya.

Serupa dengan Nia, Intan (15) mengaku bahwa ia memilih nongkrong terlebih dahulu dan tidak langsung pulang ke rumah hanya ingin bersantai dulu setelah belajar seharian di sekolah.

“Di rumah juga bingung mau ngapain. Kalau PR bisa dikerjain nanti malam. Refreshing dulu aja di sini sambil kumpul-kumpul,” tuturnya. Nia, Intan, dan rekan-rekannya hanya sebagian kecil dari sekian banyak pelajar di Jakarta yang mengisi waktu selepas pulang sekolah dengan nongkrong bersama teman-temannya. Lagian jam sekolah sekarang tidak padat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s